Pada 1
Pamêdhare
wasitaning ati
cumanthaka
aniru pujangga
dahat mudha
ing batine
nanging
kêdah ginunggung
tan wruh
lamun akèh ngèsêmi
amêksa
angrumpaka
basa kang
kalantur
tutur kang
katula-tula
tinalatèn
rinuruh kalawan ririh
mrih
padhanging sasmita
Pada 2
sasmitaning
ngaurip puniki
mapan ewuh
yèn nora wêruha
tan jumênêng
ing uripe
akèh kang
ngaku-aku
pangrasane
sampun udani
tur durung
wruh ing rasa
rasa kang
satuhu
rasaning
rasa punika
upayanên
darapon sampurna ugi
ing
kauripanira
Pada 3
jroning
Kuran nggoning rasa yêkti
nanging ta
pilih ingkang uninga
kajaba lawan
tuduhe
nora kêna
dèn awur
ing satêmah
nora pinanggih
mundhak
katalanjukan
têmah
sasar-susur
yèn sira
ayun waskitha
sampurnane
ing badanira puniki
sira
anggêgurua
Pada 4
nanging yèn
sira nggêguru kaki
amiliha
manungsa kang nyata
ingkang
bêcik martabate
sarta kang
wruh ing kukum
kang
ngibadah lan kang wirangi
sukur olèh
wong tapa
ingkang wus
amungkul
tan mikir
pawèwèhing lyan
iku pantês
sira guronana kaki
sartane
kawruhana
Pada 5
lamun ana
wong micarèng ngèlmi
tan mupakat
ing patang prakara
aja sira
age-age
anganggêp
nyatanipun
saringana
dipun barêsih
limbangên
lan kang patang
prakara
karuhun
dalil kadis
lan ijêmak
lan kiyase
papat iku salah siji
anaa kang
mupakat
Pada 6.
ana uga kêna
dèn antêpi
yèn ucul
saking patang prakara
nora enak
lêgêtane
tan wurung
tinggal wêktu
panganggêpe
wus angêngkoki
aja kudu
sêmbahyang
wus salat
katèngsun
banjure
mbuwang sarengat
batal karam
nora nganggo dèn rawati
bubrah
sakèhing tata
Pada 7
angèl têmên
ing jaman samangkin
ingkang
pantês kêna ginuronan
akèh wong
jaja ngèlmune
lan arang
ingkang manut
yèn wong
ngèlmu ingkang nêtêpi
ing
panggawening sarak
dèn arani
luput
nanging ta
asêsênêngan
nora kêna
dèn wor kêkarêpannèki
pêpancène
priyangga
Pada 8
ingkang
lumrah ing mangsa puniki
mapan ki
guru kang golèk sabat
tuhu kuwalik
karêpe
kang wis
lumrah karuhun
jaman kuna
mapan ki murid
ingkang
padha ngupaya
kudu
anggêguru
ing mêngko
iki ta nora
kyai guru
naruthuk ngupaya murid
dadia
kanthinira
Tegese ing Bahasa Indonesia:
Pada 1
Uraian nasihat ini bermula dari kelancangan hati berniat meniru para pujangga, padahal (aku) sangatlah bodoh. Tetapi
karena ingin
disanjung, tidak
tahu jika kelak
banyak yang mencibir. Memaksakan diri untuk
menciptakan, (meski)
dengan bahasa
yang kacau balau bahkan
tersia-sia, namun
(hal ini) kususun dengan teliti
dan sabar, semoga
isyarat ini
menjadi jelas.
Pada 2
Syarat dalam
kehidupan ini,
tidak mungkin kau
pahami jika
kau tak mengetahuinya, tidak
akan memiliki ketenangan dalam hidupnya. Banyak yang mengaku dirinya sudah memahami isyarat (dalam
hidup), padahal belum
mengolah rasa, inti dari rasa yang sesunguhnya. Oleh karena
itu, berusahalah (memahami makna rasa itu), agar sempurna hidupmu.
Pada 3
Di
dalam Al-Quran tempatmu mencari kebenaran sejati, hanya
yang terpilih yang akan memahaminya ,kecuali atas petunjuk-Nya. Tiadk boleh
dicampur-adukan, tak
mungkin kau
temukan (kebenaran isyarat), bahakan kau semakin tersesat. Jika
kau menghendaki kesempurnaan dalam
dirimu, maka
bergurulah.
Pada 4
Meskipun begitu,
jika engkau berguru, Nak. Pilihlah guru yang sebenarnya, tinggi martabatnya, memahami hukum,
dan rajin beribadah. Syukur-syukurjika kau
temukan seorang pertapa yang tekun dan tidak
mengharapkan imbalan orang lain, dia pantas kau
gurui. Serta ketahuilah
Pada 5
Jika seseorang berbicara tentang ilmu, tetapi
tidak sesuai dengan
empat hal, janganlah engkau terlalu cepat menganggap benar adanya.
Saringlah agar bening dan
ukurlah dengan
empat hal, yaitu
dalil, hadis, ijmak,
dan kiyas. Salah satu dari keempat hal itu
harus ada yang sesuai.
Pada 6
Tidak boleh
kau terima (isyarat) jika lepas
dari empat hal
tadi, karena biasanya tidak baik.
(kau akan) merasa
sudah menjalankan ‘laku’
sehingga yidak
harus sembahyang, akhirnya meninggalkan syariat, tidak perlu
tahu mana yang haram dan batal. Hal itu akan merusak aturan.
Pada 7
Memang sulit
mencari seseorang yang patut kau
gurui di zaman ini.
Banyak yang menjajakan ilmu
tetapi jarang
yang mengikutinya. Jika
seseorang berilmu dan menjalankan lakunya dengan
benar, malah dianggap salah.
Namun itu hak
masing-masing, tidak
boleh kau samakan keinginan orang, masing-masing memiliki perbedaan.
Pada 8
Yang
biasa terjadi pada
masa kini adalah guru yang mencari murid, itu tampak sangat
ironis dengan
kebiasaan yang terjadi di masa lalu. Zaman dulu
murid yang berusaha mencari dan harus
berguru, sekarang tidak begitu,
malah guru yang ke
sana ke mari
mencari murid. Jadikan sebagai pengangan (kanthinira merupakan isyarat pola tembang berikutnya, yaitu
Kinanthi).
EmoticonEmoticon